Monday, 10 October 2016

 GAMBARAN UMUM

a. GEOGRAFIS

1) Luas Wilayah  Kecamatan Cilebar merupakan salah satu kecamatan dari 30 ( tiga puluh ) kecamatan yang berada di Kabupaten Karawang, hasil pemekaran dari  3 ( tiga ) kecamatan induk yaitu : Kecamatan Pedes, Tempuran dan Rawamerta dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karawang No. 2 Tahun 2005 Tentang Pembentukan Kecamatan pada Daerah Kabupaten Karawang. Adapun luas wilayah Kecamatan Cilebar ± 6.494,957 Ha terdiri dari tanah darat 876,475 Ha, tanah sawah 5.395 Ha, dan lainya ( tambak/empang, kebun ) 223,482 Ha.

2) Batas Kecamatan  Letak Kecamatan Cilebar berada di utara Ibu Kota Kabupaten Karawang yang jaraknya kurang lebih 30 Km, adapun jarak  ke desa terdekat kurang lebih 0,5 Km yaitu Desa Kertamukti sedangkan jarak terjauh kurang lebih 7 Km yaitu desa Pusakajaya Utara dengan batas – batas sebagai berikut : - Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Pedes  - Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Tempuran - Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Kutawaluya dan Rawamerta - Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Jawa

3) Ketinggian Wilayah Secara Geografis Kecamatan Cilebar termasuk dataran rendah, dari luas lahan yang ada sebagaian terdiri dari areal persawahan, dengan ketinggian sampai dengan 2 m dari permukaan laut. Pesisir Pantai Utara merupakan batas alam Kecamatan Cilebar terbentang dari pesisir Desa Mekarpohaci sampai dengan pesisir Desa Pusakajaya Utara.

b. DEMOGRAFIS

Jumlah Penduduk Kecamatan Cilebar Tahun 2015  No Kecamatan Jumlah Penduduk Laki - laki Jumlah Penduduk Perempuan Jumlah Seluruhnya 44.229 

Jumlah Penduduk Kecamatan Cilebar Tahun 2014 - 2015 berjumlah 44.229

Jumlah Kepala Keluarga Kecamatan Cilebar Tahun 2015 Jumlah 14.269  

c.PEMERINTAHAN

Jumlah Desa Sesuai Dengan Peraturan Kabupaten Karawang Nomor 2 Tahun 2005 jumlah Desa di Kecamatan Cilebar sebanyak 10 (10) desa, yaitu :
1. Desa Kertamukti
2. Desa Rawasari
3. Desa Pusakajaya Selatan
4. Desa Pusakajaya Utara
5. Desa Cikande
6. Desa Kosambibatu
7. Desa Tanjungsari
8. Desa Mekarpohaci
9. Desa Ciptamargi
10. Desa Sukaratu

d) Visi dan Misi Kecamatan 

1. Pernyataan Misi  Dalam Menyelenggarakan Pemerintahan di era reformasi  sekarang ini Aparatur pemerintah dituntut untuk menyelenggarakantugas pokok, fungsi dan kewenangan secara jelas, sehingga semua lembaga pemerintahan dituntut mempunyai visi lembaganya masing – sebagaimana diamanatkan INPRES Nomor 7 Tahun 1999 Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Setelah berkoordinasi dengan UPTD / Instansi vertikal tingkat kecamatan, maka dapat diformulirkan visi cilebar sebagai berikut : Terciptanya Masyarakat Karawang Yang Kondusif Dengan Perekonomian Pertanian Berdasarkan Iman dan Taqwa “

2. Pernyataan Misi Dari Visi yang telah dirumuskan diatas untuk mengoptimalkanya melalui perumusan beberapa misi, misi kecamatan cilebar adalah sebagai berikut :
a. Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang cerdas, sehat, berbudaya dan religious yang harmonis
b. Meningkatkan  struktur dan kelembgaan ekomonmi daerah
c. Meningkatkan pelayanan ketersediaan insfratuktur wilayah
d. Mengutamakan kualitas tata kelola pemerintahan
e. Meningkatkan daya dukung dan daya tampung lingkungan 

e) Kedudukan, Tugas dan Fungsi  Berdasarkan Keputusan Bupati Karawang Nomor 07 Tahun 2005 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Kecamatan Pada Daerah Kabupaten Karawang, dijelaskan bahwa kedudukan kecamatan merupakan Perangkat Daerah Kabupaten yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh Camat yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, serta mempunyai tugas pokoknya yaitu melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Sedangkan Fungsi Camat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, yaitu :

1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
3. Mengkoordinasikan pencapaian dan penegakan peraturan perundang-undangan.
4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan. 5. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa.

RENCANA KERJA

a. Rencana Strategis

1. Arah Kebijakan

- Mendukung pencapaian visi dan misi RPJMD, terkait dengan tugas dan fungsi kecamatan.

- Memberikan arah pandang bagi seluruh sumberdaya manusia aparatur kecamatan Cilebar dalam melaksanakan tugasnya, sehingga tujuan organisasi sebagaimana tertuang dalam visi dan misi serta sasaran strategis  dapat terlaksana dan tercapai sesuai target yang ditetapkan.

- Menjadi kerangka dasar bagi kecamatan dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia aparatur sesuai kebutuhan.

- Memberikan informasi kepada seluruh pemangku kepentingan tentang program kerja lima tahunan Kecamatan Cilebar. 

2. Tujuan Strategis.

Melakukan analisis strategis terhadap keberadaan organisasi dan peluang serta tantangan arah pengembangan pelayanan Kecamatan Cilebar.

Menyusun cara selama lima tahun ke depan yang diformulasikan ke dalam visi dan misi, tujuan dan sasaran strategis organisasi.

Merumuskan langkah-langkah yang jelas untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi serta sasaran strategis yang ditetapkan.

b. Sasaran Strategis

Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk peningkatan kualitas hidup  Meningkatkan kompetisi aparatur.

Meningkatknya keserasian kebijakan kependudukan dalam rangka peningkatan kualitas, pengendalian pertumbuhan dan kauntitas, pengarahan mobilitas dan persebaran penduduk yang serasi dengan daya dukung alam dan daya tamping lingkungan.

Terjaminnya keadilan gender dalam berbagaia produk perundangan, program pembangunan dan kebijakan publik .

PROGRAM DAN KEGIATAN STRATEGIS

a. Kebijakan

Peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang berkualitas.
Peningkatan akses masyarakat dan pemerataan terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Mewujudkan efektivitas dan efisiensi aparatur dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Penataan kebijakan administratif  kependudukan guna mendorong terkaomodasinya hak-hak penduduk dan meningkatkan kualitas dokumen, data dan informasi penduduk dalam mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan serta pelayanan public.

Meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan perempuan.

b. Program

Peningkatan aksebilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan. Peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah.

Meningkatkan kualitas cakupan

pelayanan indfrastruktur wilayah.

c. Kegiatan - Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kecamatan Cilebar yang dilengkapi dengan lokasi, indikasi pendanaan, yang didanai oleh APBD Kabupaten Karawang.

POTENSI DAERAH / KECAMATAN

a. Pertanian Potensi daerah yang paling menonjol di Kecamatan Cilebar mayoritas dibidang pertanian, dengan jumlah luas areal lahan pertanian  satu  Ha bisa menghasilkan panen padi rata-rata 5-6 Ton/Ha selama satu musim dengan biaya produksi mencapai 5 juta/Ha.
b. Perikanan Bidang perikanan mayoritas dengan penangkapan ikan dilaut dengan pusat penjualannya di TPI Fajar Samudra Desa Pusakajaya Utara selain itu terdapat pula budidaya ikan air tawar, empang dan tambak.
c. Peternakan Dalam bidang peternakan rata-rata masyarakat beternak hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadinya masing-masing belum untuk kebutuhan pasar.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

SEJARAH SINGKAT DESA CIKANDE KARAWANG

Desa Cikande awalnya bukanlah bernama Cikande akan tetapi bernama Kedung Cibatok , kemudian bisa dinamakan Cikande waktu itu salah satu tokoh agama dari banten terinspirasi dari nama sebuah kecamatan yang berada didaerah serang Banten .
Dahulunya cikande masih berupa hutan dan rawa , namun pada sekitar tahun 1907 M datanglah pertama kali seorang pemuka agama dari banten yang bernana Kyai Ilyas dan Kyai H . Abd . Gofar untuk mensurvai kedung cibatok ini bisa dijadikan desa atau tidak ,
setelah mengetahui bahwa Kedung Cibatok ini layak untuk dijadikan pemukiman,
setelah itu datanglah para Pemuka Agama yang disebut " tokoh 12 serangkai " ke kedung cibatok untuk mendirikan pemukiman.
Kemudian sekitar pada tahun 1951 M mulai adanya pendidikan agama Islam di cikande yang didirikan oleh tokoh agama dari banten Ayahanda dari Abah Gede yaitu Abah H . Sarbini beliau lah yang mendirikan madrasah pertama kali di cikande .
Inilah Daftar Nama - Nama
Tokoh Agama pendiri Cikande :
1. Kyai Ilyas
2. KH Abd Gofar
Tokoh 12 SERANGKAI :
1. Kyai Badrun
2. Buyut Srail
3. Buyut Madin
4. Abah H . Sanim
5. Abah H . Somad
6. Buyut Sahal
7. Buyut Sidin
8. H . Jama
9. Buyut Kamal
10 . Buyut Salam
11 . Ki muhammad
12 . Buyut Kasid
Dan dibantu oleh 2 perempuan :
1. Embok Catmah
2. Embok Kewiyah
Copyright By GAPURA CIKANDE KARAWANG. Powered by Blogger.

Popular Posts