Thursday, 16 July 2015

KANTOR DESA CIKANDE

Desa Cikande Dipimpin oleh Bapak M. Rombi SA S.Sos selaku Kepala Desa terpilih pada PILKADES 2015 Untuk Periode 2015-2021.

Sejarah singkat Desa Cikande :

 Desa Cikande awalnya bukanlah bernama Cikande akan tetapi bernama Kedung Cibatok, kemudian bisa dinamakan Cikande waktu itu salah satu tokoh agama dari banten terinspirasi dari nama sebuah kecamatan yang berada didaerah serang Banten . Dahulunya cikande masih berupa hutan dan rawa, namun pada sekitar tahun 1907 M datanglah pertama kali seorang pemuka agama dari banten yang bernana Kyai Ilyas dan Kyai H. Abd. Gofar untuk menyurvai kedung cibatok ini bisa dijadikan desa atau tidak, setelah mengetahui bahwa Kedung Cibatok ini layak untuk dijadikan pemukiman, setelah itu datanglah para Pemuka Agama yang disebut " tokoh 12 serangkai " ke kedung cibatok untuk mendirikan pemukiman.

 Kemudian sekitar pada tahun 1951 M mulai adanya Pendidikan Agama Islam di Cikande yang didirikan oleh tokoh agama dari banten Ayahanda dari Abah H. Gede yaitu Abah H. Sarbini beliau lah yang mendirikan Madrasah pertama kali di Cikande.

Inilah Daftar Nama - Nama Tokoh Agama pendiri Cikande :

 1. Kyai Ilyas 

2. KH Abd Gofar

 Tokoh 12 SERANGKAI : 
1. Kyai Badrun
 2. Buyut Srail 
3. Buyut Madin
 4. Abah H. Sanim
 5. Abah H. Somad 
6. Buyut Sahal
 7. Buyut Sidin 
8. H. Jama
 9. Buyut Kamal
 10. Buyut Salam 
11. Ki muhammad
 12. Buyut Kasid 

Dan dibantu oleh 2 perempuan : 

1. Embok Catmah 2. Embok Kewiyah

 2. KONDISI UMUM DESA CIKANDE

 a. Batas Desa Cikande 

Utara Desa Kosambibatu, Cilebar Selatan Desa Sukaratu, Cilebar 
Barat Desa Rawasari, Cilebar 
Timur Desa Kertamukti, Cilebar

 Dilihat dari topografi dan kontur tanah, Desa Cikande Kecamatan Cilebar secara umum berupa Persawahan dan dataran yang berada pada ketinggian antara 1 M s/d 1.5 M di atas permukaan laut. Orbitasi dan waktu tempuh dari ibukota kecamatan 2.5 km dengan waktu tempuh Kurang lebih 5 menit dan dari ibukota kabupaten kurang lebih 20 km dengan waktu tempuh 45 menit.

b. Mata Pencaharian

Mata pencaharian penduduk Desa Cikande Kecamatan Cilebar mayoritas sebagai Petani, Buruh Tani, Pedagang, Wirausaha, pengajar dan lainnya.

 c. Sarana Pendidikan dan fasilitas umum

Sarana pendidikan umum yang terdapat di Desa Cikande Kecamatan Cilebar meliputi :

Taman Kanak-kanak/PAUD: 2 buah 

Sekolah Dasar (SD) : 2 buah

SLTP/MTs : 1 buah

SLTA/SMK : 0 buah

Pondok Pesantren : 4 Buah

Fasilitas Umum Masjid : 2 Buah

Mushola : 11 Buah

Majlis Ta'lim : 4 Buah
Reaksi:

1 comment:

SEJARAH SINGKAT DESA CIKANDE KARAWANG

Desa Cikande awalnya bukanlah bernama Cikande akan tetapi bernama Kedung Cibatok , kemudian bisa dinamakan Cikande waktu itu salah satu tokoh agama dari banten terinspirasi dari nama sebuah kecamatan yang berada didaerah serang Banten .
Dahulunya cikande masih berupa hutan dan rawa , namun pada sekitar tahun 1907 M datanglah pertama kali seorang pemuka agama dari banten yang bernana Kyai Ilyas dan Kyai H . Abd . Gofar untuk mensurvai kedung cibatok ini bisa dijadikan desa atau tidak ,
setelah mengetahui bahwa Kedung Cibatok ini layak untuk dijadikan pemukiman,
setelah itu datanglah para Pemuka Agama yang disebut " tokoh 12 serangkai " ke kedung cibatok untuk mendirikan pemukiman.
Kemudian sekitar pada tahun 1951 M mulai adanya pendidikan agama Islam di cikande yang didirikan oleh tokoh agama dari banten Ayahanda dari Abah Gede yaitu Abah H . Sarbini beliau lah yang mendirikan madrasah pertama kali di cikande .
Inilah Daftar Nama - Nama
Tokoh Agama pendiri Cikande :
1. Kyai Ilyas
2. KH Abd Gofar
Tokoh 12 SERANGKAI :
1. Kyai Badrun
2. Buyut Srail
3. Buyut Madin
4. Abah H . Sanim
5. Abah H . Somad
6. Buyut Sahal
7. Buyut Sidin
8. H . Jama
9. Buyut Kamal
10 . Buyut Salam
11 . Ki muhammad
12 . Buyut Kasid
Dan dibantu oleh 2 perempuan :
1. Embok Catmah
2. Embok Kewiyah
Copyright By GAPURA CIKANDE KARAWANG. Powered by Blogger.

Popular Posts